Kebersihan lingkungan


Kebersihan lingkungan
Maret 23,2020
Assalamu'alaikum wr wb.

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugrah yang diberikan sang Pencipta kepada hamba-Nya. Kesehatan lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar dari penyakit. Bersih secara kongkrit adalah kebersihan dari kotoran atau suatu yang dinilai kotor. Kotoran yang melekat pada badan, pakaian, tempat tinggal dan lain-lain.
                                   . إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَ
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri".(QS.Al Baqarah/2:222) 

Sikap islam terhadap kebersihan sangat jelas dan di dalamnya terdapat ibadah kepada Allah SWT. Sesungguhnya kitab-kitab syariat islam selalu diawali dengan bab tharah (bersuci) yang merupakan kunci ibadah sehari-hari contoh sholat seorang muslim tidak sah jika tidak suci dari hadas. Orang dapat suci dari hadas kecil dengan wudhu dan suci dari hadas besar dengan mandi. Adapun kaifiah wudhu tercantum dalam (QS.Al Maidah/5:6)

أَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur".(QS.Al Maidah/5:6) 

Menurut Kiai Sahal Mahfuz. Fikih tharah ini sesungguhnya dapat di perluas, yaitu dapat mencangkup wilayah wajib bersih rumah, kamar mandi, tempat sampah, tempat makan dan kadang hewan serta semua hal yang membuat tempat tinggal bersih, asri, indah dan menyenangkan penghuninya. Bahkan bahasan dapat disampaikan kepada kewajiban bersuci secara sosial. Sebagaimana kata pepatah, an-nazafatun minal-iman. Maka lingup kebersihan termasuk pemeliharaan dan perawatan secara bersama misalnya tentang kebersihan saluran air, kebersihan sungai, tempat ibadah (masjid, mushola), tempat belajar (sekolah, madrasah, majelis taklim), kebersihan lingkungan kerja dan kebersihan limbah industri. 



Lingkungan juga merupakan amanah. Allah SWT wajibkan para hamba-Nya untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan keindahan lingkungannya tidak membuang sampah di berantakan kali, jalan tempat berlalunya orang, pekarangan dan sebagainya.
                                        
                                     وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا
"Dan janganlah kamu membuat kerusakan dimuka bumi sesudah (Allah) memperbaiki." (QS. Al A'raf:56) 

Kita harus tau tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan. Karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah bergabung untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang nyaman, bersih, sejuk, dan sehat.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:

1.) Terhindar dari penyakit yang disebabkan       
   lingkungan yang tidak sehat.
2.) Lingkungan menjadi sejuk.
3.) Bebas dari polusi udara
4.) Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di            minum
5.) Lebih tenang dalam menjalankan aktivitas              sehari-hari dan beribadah kepada Allah SWT

waalaikumsalam wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini